Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholat idul adha : Niat, tata cara dan sunahnya

Sholat idul adha : Niat, tata cara dan sunahnya, penting bagi seorang umat muslim mengetahui niat, tata cara dan sunahnya sholat idul adha. Pada tanggal 10 dzulhijah, umat Muslim melaksanakan salat Idul Adha secara berjamaah di masjid atau lapangan terbuka. Setelah itu, umat Muslim yang mampu melaksanakan ibadah Haji ataupun menyembelih hewan kurban seperti kambing, domba, sapi, atau unta sebagai simbol pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim.

Sebelum sholat dimulai, umat Muslim juga dianjurkan untuk mendengarkan khutbah atau ceramah yang berfokus pada pesan-pesan penting seperti keikhlasan, pengorbanan, dan pentingnya menjaga hubungan dengan Allah dan sesama. Selain melaksanakan sholat Idul Adha, perayaan ini juga melibatkan aktivitas yang penting, yaitu penyembelihan hewan kurban.


Niat Sholat Idul Adha

Tidak berbeda dengan sholat fardhu maupun sunnah yang biasa dilakukan, bacaan niat sholat idul adha secara berjamaah terbagi menjadi dua, yakni untuk dibaca oleh imam dan makmum :

  • Ushalli sunnatan li‘idiladha rakataini imaman lillahi ta’alaa yang artinya “Aku niat salat sunah Idul adha dua rakaat sebagai imam karena Allah Swt.” -  (Niat sholat idul adha untuk Imam)
  • shalli sunnatan li ‘idiladha rakataini makmuuman lillahi ta’ala yang artinya “Aku niat salat sunah Idul adha dua rakaat sebagai makmum karena Allah Swt.” (Niat sholat idul adha untuk makmum)

Tata cara Sholat Idul adha

  • Mengucapkan niat shalat Idul adha.
  • Melakukan takbiratul ihram.
  • Membaca doa Iftitah dengan khusyuk.
  • Takbir tujuh kali. Setiap kali takbir disunahkan untuk membaca “Subhaanallaahi walhamdulillaahi wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar.”
  • Membaca surah pertama Qur’an yakni surah Al-Fatihah.
  • Rakaat pertama sholat Idul Adha, disunahkan membaca surah Qaf atau Al-A’la dan Al-Ghasyiyah pada rakaat kedua.
  • Melakukan Ruku.
  • Setelahnya Sujud.
  • Duduk di antara dua sujud seperti sholat lainnya.
  • Berdiri kembali kemudian takbir sebanyak lima kali dan melanjutkan seperti salat biasa hingga diakhiri dengan salam.
  • Khutbah Idul Adha : etelah selesai sholat, imam akan memberikan khutbah Idul Adha, mendengarkan khutbah dengan penuh perhatian dan ketundukan.


Sunah sebelum sholat idul adha

1. Larangan potong kuku dan rambut, Bagi seorang Muslim yang akan melakukan ibadah kurban dianjurkan untuk tidak memotong kuku maupun rambut sebelum hewan kurban disembelih. 

2. Mandi besar, sebelum melaksanakan sholat idul adha di anjurkan untuk melaksanakan mandi besar dilanjut berwudhu, hal ini di laksanakan agar seblum sholat idul adha kita dalam keadaan suci.

3. Mengenakan pakaian terbaik, kita umat muslim sebelum melaksanakan sholat idul adha dianjurkan mengenakan pakaian yan terbaik yang di miliki, dikarenakan idul adha adalah hari raya umat muslim.

4. Berangkat lebih awal, dianjurkan umat muslim berangkat lebih awal untuk mendapatkan shaf depan dan mempunyai banyak waktu untuk melantunkan Takbir.

5. Bertakbir, umat muslim ikut serta dalam kumandangkan takbir merupakan sunnah yang dianjurkan mulai dari terbenamnya matahari di tanggal 10 Dzulhijjah sampai imam berkhotbah. Selepasnya, bertakbirlah hingga hari Tasyrik yakni di tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.

6. Tidak Sarapan, umat muslim yang hendak sholat idul  adha disarankan untuk tidak makan pagi atau sarapan sebelum melaksanakan sholat idul adha.


Sunah sesudah sholat idul adha

1. Pulang dengan jalan berbeda, sebaiknya apabila jalan seseorang yang telah mengikuti sholat Idul Adha untuk memilih berangkat ke lokasi sholat Ied dan pulang ke rumah dengan jalan berbeda. 

2. Sarapan, Selepas mengikuti sholat Idul Adha diperbolehkan untuk menikmati sarapan hari raya bersama keluarga.

3. Potong kuku, rambut dan memakai parfum, Selepas prosesi pemotongan hewan kurban selesai dilaksanakan, seorang pequrban dianjurkan untuk memotong rambut, kuku dan memakai wewangian atau parfum untuk menghilangkan bau tak sedap.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai sholat idul adha, sunah sunahnya, dan semoga ibadah kita sebagai umat muslim diterima oleh Allah SWT, aamiin aamiin aamiin ya robbal allamin.